Rabu, 04 Januari 2012

5 Software Pendukung Dalam Jaringan

1. NMap
 
NMap adalah sebuah software security scanner yang dikembangkan oleh Gordon Lyon alias Fyodor Vaskovich yang compatible dengan OS Windows, Linux, Mac OS X, Solaris, BSD dan Amigos OS. N Map tersedia dengan dua versi yaitu versi GUI dan Command line, lalu apa fungsi software ini??
Mari kita ulas lebih lanjut.NMap memiliki fungsi-fungsi standar layaknya sebuah security scanner: mendeteksi port-port yang terbuka, mengidentifikasi versi OS dan aplikasi yang digunakan untuk menjalankan service, dan lain-lain.
2. WireShark
Software wireshark memilki beberapa fungsi, yaitu :
1. Mampu menganalisa transmisi paket data pada jaringan, 
2. Memonitoring proses koneksi dan transmisi data antar komputer.
3. Mampu mengetahui isi paket data yang sedang berlalu lintas dalam jaringan komputer tersebut.

3. Look@LAN
 
Software ini bisa digunakan pada OS apapun, pengoperasiannya pun cukup mudah, software ini akan menampilakan laporan yang menyatakan keadaan jaringan pada saat itu, dalam bentuk tabel. Beberapa fitur yang dimiliki software ini adalah :
1. Mengetahui IP Address, pada komputer jaringan
2. Mengetahui status konektivitas dengan jaringan 
3. distance
4. Serta mengetahui sistem operasi yang digunakan oleh komputer pada jaringan tersebut
5. Mengetahui hostname, netBIOS name, netBIOS user, SNMP status dan Trap. 
6. Menginformasikan pada komputer server, host yang sedang online/offline

4. Angry IP Scanner
 
 
IP angry Scanner berfungsi untuk membantu dalam pengelolaan, invostorisasi serta menjaga jaringan agar tetap mampu berjalan dengan baik, melalui alamat IP Address dari setiap komputer yang ada pada jaringan. Selain itu, software ini juga dapat membantu seorang admin jaringan dalam mengawasi error atau trobubleshooting ajringan karena permasalahan pada IP address, bisa juga karena IP address yang conflik. Selain itu, software ini juga mengantisipasi adanya pihak yang tidak bertanggung jawab yang berusaha menyusup pada jaringan seseorang dengan menggunakan IP address yang telah tersedia pada range nya.
Gambar di bawah ini adalaha tampilan jendela software Angry IP scanner :
 
 
 
Lalu, untuk melakukan cara scanningnya, masukkan IP Range pada jaringan yang akan di scan. Masukkan dari IP paling kecil hingga IP yang paling besar. Kemudian klik tombol "start", hasil dari scanning tersebut akan tampil seperti gambar di bawah ini :
 
 
 
Keterangan yang tampil di atas bisa kita artikan seperti ini :
1. Scanning Finished, menunjukkan Proses scanning IP telah selesai
2. 11 Sec, menunjukkan waktu yang ditempuh untuk melakukan scanning IP dalam jaringan tersebut, (dalam hal ini proses scanning berjalan selama 11 detik)
3. 2.200 sec/host, menunjukkan bahwa proses scanning tiap host memiliki kecepatan sebesar 2.200 detik.
4. IPs Scanned, menunjukkan banyaknya IP yang telah di scan
5. Alive host, menunjukkan host yang aktif, tetapi dalam faktanya ada komputer yg pada saat dilakukan scanning komputer tersebut menyala, tetapi tidak bisa terdeteksi oleh Angry IP Scanner karena komputer tersebut terpasang Firewall. Sedangkan Firewall akan memblokkir semua request yang dilakukan Angry IP Scanner ini. 
 
 
Nah pada tampilan di atas, komputer host yang aktif diberi tanda warna biru, dan yang tidak aktif diberi warna merah.

5. Dude
Sotfware ini memudahkan seorang admin jaringan memonitoring jaringannya, serta mendukung berbagai protokol jaringan, seperti SNMP, ICMP, DNS dan TCP. 
Berikit ini adalah cara kerja Dude : 
1.Secara otomatis Dude akan melakukan scan keseluruhan pada jaringannya, termasuk perangkat yang tergabung dalam jaringan berbasis dengan subnet.
2. Software ini akan secara otomatis mampu memetakan jaringan komputer.
3. Apabila terjadi troubleshooting pada jaringan, maka software ini akan secara otomatis memberikan pesan peringatan.

0 komentar:

Posting Komentar